Home » » Menikmati Pesona Ujung Barat Indonesia

Menikmati Pesona Ujung Barat Indonesia

Sabang (foto: tinasreefdivers)

DARI Sabang sampai Merauke, itulah Indonesia. Menyusuri Indonesia kurang pas jika tidak memulainya dari kota terujung, Sabang. Ada keindahan apa sajakah di kota ini?

Sabang adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Weh. Inilah pintu gerbang ujung barat Indonesia. Sabang merupakan daerah yang sangat unik bagi Indonesia, di sinilah Anda dapat menemukan tugu Nol Kilometer Indonesia yang merupakan cikal bakal istilah, "Dari Sabang sampai Merauke".

Kota Sabang berada di sebelah utara kota Banda Aceh. Dengan jarak lebih kurang 18 mil, Anda dapat menempuh perjalanan selama 45 menit hingga 2 jam. Ada dua jenis kapal yang dapat mengangkut Anda ke Sabang, yaitu kapal barang (lambat) dan kapal penumpang (cepat).

Kapal cepat dapat Anda tumpangi dengan tarif Rp55 ribu per orang untuk kelas ekonomi, Rp60 ribu per orang untuk kelas eksekutif, dan Rp70 ribu per orang untuk kelas VIP. Kapal ini hanya beroperasi dua kali sehari, yaitu pagi dan sore. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal keberangkatannya agar tidak tertinggal. Demikian seperti dikutip dari Indonesiatrtavel, Jumat (28/6/2013).

Saat ini, sektor pariwisata di Sabang terus berkembang. Banyak penyelam yang ingin menikmati keindahan bahari Sabang. Ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang akan membuat Anda takjub. Garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih, serta pepohonan nan hijau dapat Anda temukan di sini. Tak hanya penyelam lokal, penyelam dari mancanegara pun banyak yang sengaja datang ke Sabang untuk menikmati keindahannya.

Memiliki keindahan bahari, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati sunset Kota Sabang. Cobalah mengunjungi Sabang Fair. Di sini Anda dapat menikmati sunset sambil minum secangkir kopi khas Aceh dan goreng pisang maka Anda akan meresapi pesona Sabang sesungguhnya.

Belum puas menikmati keindahan laut? Dari Sabang, Anda dapat melanjutkan kegiatan menyelam menuju Pulau Rubiah, yang telah ditetapkan pemerintah sebagai daerah special nature reserve. Di sini Anda dapat menemukan ratusan jenis ikan hias langka dan terumbu karang yang unik seperti gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish, dan sea fans.

Untuk mencapai Pulau Rubiah dari Sabang bukanlah suatu perkara sulit. Sebuah perahu boat akan mengantarkan Anda sampai ke tujuan. Dibutuhkan waktu sekira 2 jam untuk mengitari pulau ini. Biaya sewa per kapal sekira Rp200 ribu dan dapat dinaiki hingga 10 orang.

0 komentar:

Posting Komentar